Antara Jimin BTS, Menari dan Bertelanjang Kaki

Antara Jimin BTS, Menari dan Bertelanjang Kaki - Pyopp Fledge Barefoot

https://www.koreaboo.com/stories/bts-jimin-reveals-barefoot-allows-dance-best/


Akhir-akhir ini, tim kami suka membaca berita-berita tentang selebriti yang gemar bertelanjang kaki, dan salah satunya adalah Jimin BTS.  Melansir dari media KPOP Hit, Jimin merasa lebih nyaman saat menari tanpa alas kaki.

“I think it’s got to be barefoot when I’m doing a traditional style dance. It looks sharp and attractive when I wear dress shoes, but it always feels more natural to express myself barefoot. It’s more dynamic, I guess you could say. So I wanted to go barefoot for all my other performances, too.” ucap Jimin.

Hal serupa juga terjadi pada grup band Dreamcatcher.  Media Koreaboo menyatakan bahwa ketika membawakan lagu "Chase Me" di The Show (2019), mereka memutuskan untuk melepas sepatu hak tinggi yang dikenakan di atas panggung karena merasa tidak nyaman untuk melakukan koreografi mereka. 

 

https://twitter.com/DC_arthistory/status/1097960806937964546

 

Kira-kira, kenapa mereka memilih untuk bertelanjang kaki? Benarkah menari dengan bertelanjang kaki itu memang baik untuk tubuh kita? 

Salah satu tim kami, Kanya, adalah seorang perempuan yang hobi menari, dan ia bisa sepenuhnya memahami mengapa Jimin dan Dreamcatcher mengatakan bahwa menari tanpa sepatu lebih nyaman. Kanya juga merasakan hal yang sama. 

“Memang tergantung medannya. Jika kalian menari di medan yang tidak rata dan penuh bebatuan, menggunakan sepatu memang bisa menjadi solusi yang baik. Namun, karena aku terbiasa menari di atas medan yang terbilang aman, I can consider that dancing barefoot will be a good choice for me.” ungkap Kanya.

 

 

Berikut hal yang Kanya rasakan ketika menari tanpa alas kaki:

  • Adanya kontak langsung antara kaki dan lantai yang memberikan keseimbangan lebih serta kesadaran posisi tubuh di ruang.
  • Meningkatkan pengalaman sensorik dengan memungkinkan penari merasakan tekstur, suhu, dan getaran lantai. Umpan balik sensorik yang ditingkatkan ini dapat berkontribusi pada pengalaman menari yang lebih terhubung dan ekspresif.
  • Rentang gerak yang lebih besar untuk kaki, sehingga memungkinkan gerakan kaki yang lebih ekspresif dan artikulasi.
  • Koneksi dengan bumi: Beberapa individu percaya bahwa menari tanpa sepatu membantu membentuk koneksi yang lebih dalam dengan bumi.

Kira-kira, seperti itulah benefit dari menari tanpa alas kaki bagi Kanya, yang terjadi pada Jimin BTS dan juga Dreamcatcher. Jadi, haruskah kita menari dengan telanjang kaki? Jawabannya, tetap tergantung preferensi kalian, ya. Namun, bagi Kanya, menari tanpa alas kaki memang banyak keuntungannya.

 

Previous post Next post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published